Berita Acara Serah Terima Barang

Tentang Berita Acara Serah Terima Barang, Berita Acara Serah Terima atau BAST merupakan dokumen penting yang biasanya diterbitkan atau dikeluarkan berkaitan dengan penyediaan barang atau jasa, penyerahan jabatan, dan sebagainya. Dalam dunia bisnis yang juga melibatkan serah-terima barang dengan lembaga atau institusi, dokumen ini juga kerap dibutuhkan. Berikut adalah contoh-contoh Berita Acara Serah Terima berbagai keperluan.

Berita Acara Serah Terima Barang adalah dokumen yang dibuat sebagai bukti penerimaan barang dari pihak penjual ke pihak pembeli. Dokumen ini berisi informasi mengenai barang yang diserahkan dan diterima oleh kedua belah pihak. Berikut adalah contoh format Berita Acara Serah Terima Barang:

“`
BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Pada hari ini tanggal [tanggal], kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama Pihak Penyerah Barang:
Alamat:
No. Telepon:
No. Fax:
Email:

2. Nama Pihak Penerima Barang:
Alamat:
No. Telepon:
No. Fax:
Email:

Dalam hal ini masing-masing pihak telah sepakat untuk melakukan serah terima barang dengan rincian sebagai berikut:

1. Jenis Barang :
2. Jumlah :
3. Kondisi Barang :
4. Harga Satuan :
5. Total Harga :

Demikian Berita Acara Serah Terima Barang ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Penyerah Barang Penerima Barang
[ditandatangani] [ditandatangani]
“`

Berita Acara Serah Terima Barang atau BAST adalah dokumen penting yang biasanya diterbitkan atau dikeluarkan berkaitan dengan penyediaan barang atau jasa, penyerahan jabatan, dan sebagainya. Dalam dunia bisnis yang juga melibatkan serah-terima barang dengan lembaga atau institusi, dokumen ini juga kerap dibutuhkan. BAST merupakan salah satu bukti penerimaan barang atau jasa. Biasanya dokumen ini diterbitkan atau digunakan dalam proses serah terima barang atau jasa pada pemerintahan atau perusahaan dalam skala besar. BAST diatur dalam berbagai peraturan pemerintah, salah satunya dalam Perpres 16 Tahun 2018. Pada pasal 57 disebutkan bahwa setelah pekerjaan selesai 100 persen sesuai ketentuan yang termuat dalam kontrak, penyedia barang/jasa mengajukan permohonan tertulis kepada PPK untuk serah terima barang atau jasa.

Simak Juga  Bagaimana Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Di Shopee

BAST memiliki format resmi yang harus diikuti. Berikut format Berita Acara Serah Terima dan elemen-elemen yang ada di dalamnya, dikutip dari format BAST dari Kementerian Keuangan:
1. Kepala Kop Serah Terima
2. Judul Berita Acara Serah Terima
3. Nomor BAST
4. Tanggal Penerbitan
5. Nama Pihak yang Menandatangani
6. Pernyataan Serah Terima

Video tentang Berita Acara Serah Terima Barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *