Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Tentang Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Harga pokok penjualan (HPP) adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa. Sedangkan menurut prinsip akuntansi Indonesia, harga pokok penjualan dapat dijelaskan sebagai jumlah pengeluaran dan beban yang diperkenankan, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan barang atau jasa di dalam kondisi dan tempat di mana barang itu dapat dijual atau digunakan. Contohnya seperti, biaya produksi, impor, assembly, dll yang berhubungan dengan barang tersebut. Biaya yang tidak langsung berhubungan dengan produk tidak bisa dimasukkan ke dalam harga pokok penjualan. Oleh karena itu, perhitungan ini dibuat agar perusahaan mengetahui detail biaya dari produk tersebut. Perusahaan harus mampu menentukan HPP untuk setiap barang yang dijual untuk memperhitungkan keuntungan.

Rumus yang digunakan sebagai cara menghitung harga pokok penjualan (HPP) adalah: Harga Pokok Penjualan (HPP) = Pembelian Bersih + Persediaan Awal – Persediaan Akhir.

Untuk lebih detailnya, Anda bisa membaca dari Jurnal.id .

Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa. Sedangkan menurut prinsip akuntansi Indonesia, harga pokok penjualan dapat dijelaskan sebagai jumlah pengeluaran dan beban yang diperkenankan, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan barang atau jasa di dalam kondisi dan tempat di mana barang itu dapat dijual atau digunakan.

Rumus yang digunakan sebagai cara menghitung harga pokok penjualan (HPP) adalah: Harga Pokok Penjualan (HPP) = Pembelian Bersih + Persediaan Awal – Persediaan Akhir.

Pembelian bersih adalah pembelian barang yang dilakukan dalam satu periode tertentu setelah dikurangi dengan retur pembelian dan potongan pembelian.

Simak Juga  10 Travel Umroh Terbaik Di Indonesia

Persediaan awal adalah jumlah barang yang masih tersedia pada akhir periode sebelumnya.

Persediaan akhir adalah jumlah barang yang masih tersedia pada akhir periode saat ini.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan dalam sebuah video

Ikuti tutorial terupdate dari Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan dalam dunia digital sekarang. Simak tentang Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan dari sudut pandang baru yang lebih menarik. Tentang Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan, berikut adalah penjelasan singkatnya. Harga pokok, Pelajari cara untuk menjadi ahli di suatu bakat yang anda sukai disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *