Cara Menghitung Persenan Di Excel

Cara Menghitung Persenan Di Excel, Perbaharui tutorial terbaru anda entang Cara Menghitung Persenan Di Excel. Dapatkan tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang cara menghitung persentase di Excel, Anda dapat menggunakan rumus yang disediakan oleh, Dapatkan cara lain yang lebih simpel dan ringkas dari hal tersebut.

Lihat video Cara Menghitung Persenan Di Excel berikut ini

Tentang cara menghitung persentase di Excel, Anda dapat menggunakan rumus yang disediakan oleh Excel. Berikut adalah cara menghitung persentase di Excel:

1. Cara Menghitung Persentase Proporsi
Rumusnya adalah: nilai yang dicari / nilai total x 100%
Contohnya: Anda ingin mencari berapa persen dari 8 dari 10. Maka rumusnya adalah 8/10 x 100% = 80%.

2. Cara Menghitung Persentase Perubahan
Rumusnya adalah: (nilai akhir – nilai awal) / nilai awal x 100%
Contohnya: Anda ingin mencari berapa persen kenaikan dari 100 ke 150. Maka rumusnya adalah (150-100)/100 x 100% = 50%.

3. Cara Menampilkan Format Persen di Excel
Sebelum membahas cara menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau cara membuat persen di excel. Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam berbagai macam format angka. Salah satu format angka tersebut adalah format persentase (Percentage) sebagaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial tentang Custom Number Format Pada Excel Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
– Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan sebuah angka.
– Memformat cell excel dengan mengubah style format persen (%) pada Tab Home–Number–Percent (%).
– Menggunakan fungsi TEXT.

Simak Juga  Promosi Secara Langsung Dapat Dilakukan Di

Untuk menghitung persentase di Excel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menentukan sel, baris, dan kolom terlebih dahulu, kemudian mengaktifkan fitur persentase dengan mengklik tanda kecil di samping tulisan ‘Number’ dan memilih ‘Percentage’. Cara lainnya adalah dengan memunculkan jendela properties dengan menekan tombol CTRL + Q, kemudian memilih tab Totals dan mengklik bagian % Total yang berwarna orange. Untuk menulis persen secara manual, bisa dilakukan dengan mengetikkan rumus =Sel angka awal* (1+Sel persen) untuk penjumlahan persen dan =Sel angka awal* (1-Sel persen) untuk pengurangan persen. Selain itu, bisa juga menerapkan persentase menggunakan shortcut CTRL+SHIFT+% pada Windows maupun Mac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *