Teks Berita Sebaiknya Ditulis Secara

Teks berita sebaiknya ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini sesuai dengan yang dipaparkan dalam buku berjudul Jurnalisme Kontekstual yang disusun oleh M. Fikri AR (2016: 96) yang memaparkan bahwa pada praktiknya, penulisan berita sebaiknya dikembangkan secara lugas dan sederhana, ringkas, pada, dan tidak bertele-tele. Teks berita adalah suatu teks untuk menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual yang diinformasikan secara tertulis. Dikatakan faktual karena teks berita sebaiknya ditulis secara berdasarkan kenyataan, sementara itu aktual yang merupakan kejadian yang dituliskan baru saja terjadi. Teks berita umumnya memiliki ciri: informasi berdasarkan fakta dan dapat dipercaya, memuat informasi terkini, disusun dengan gaya bahasa unik dan menarik, bersifat netral, dituliskan dengan sistematis dan lengkap, dan mudah dipahami. Teks berita umumnya memuat 5W + 1 H yaitu What (apa kejadian yang diberitakan), When (kapan waktu terjadinya), Where (di mana tempat terjadinya), Why (mengapa kejadian itu terjadi), dan How (bagaimana proses terjadinya). Setelah mengumpulkan informasi 5W +1 H dari suatu kejadian, informasi akan ditulis secara singkat, padat, dan jelas sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi berita.

Saya harap ini membantu Anda menulis .
Teks berita sebaiknya ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini sesuai dengan yang dipaparkan dalam buku berjudul Jurnalisme Kontekstual yang disusun oleh M. Fikri AR (2016: 96) yang memaparkan bahwa pada praktiknya, penulisan berita sebaiknya dikembangkan secara lugas dan sederhana, ringkas, pada, dan tidak bertele-tele.

Teks berita harus memenuhi enam unsur-unsur yang mencakup 5W+1H (who, what, where, why, when, dan how). unsur tersebut biasa dinamakan ADIKSIMBA. Informasi yang disajikan dalam teks berita harus berupa fakta, yakni berdasarkan pada kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada saat itu. Selain itu, berita juga harus ditulis secara aktual, berimbang, lengkap dari segi unsur, menarik, dan sistematis.

Simak Juga  Mengambil Beberapa Karakter Di Excel

Teks berita memiliki tiga struktur yaitu judul (headline), teras (lead), dan tubuh (body). Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Dalam teks berita, judul biasanya memuat tentang kejadian yang akan dibahas. Judul yang menarik akan memungkinkan pembaca tertarik terhadap berita yang disampaikan. Teras berita atau lead adalah bagian yang penting dalam berita. Lead terletak pada paragraf pertama dalam teks berita. Lead mencakup inti dari keseluruhan isi berita. Lead juga menjadi salah satu penentu bagi pembaca untuk melihat isi berita lebih lanjut. Bagian ini merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan dari isi berita. Berita akan dibahas lebih rinci secara keseluruhan pada bagian ini.

Dapatkan tutorial lanjut dalam Teks Berita Sebaiknya Ditulis Secara untuk mengasah kreativitas anda. ikuti tentang Teks Berita Sebaiknya Ditulis Secara yang saat ini populer di dunia digital. Teks berita sebaiknya ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Hal ini sesuai dengan yang Dapatkan cara cara untuk mengasah kreativitas Anda dan melahirkan suatu karya yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Teks Berita Sebaiknya Ditulis Secara berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *