Sebutkan Faktor Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Sriwijaya

Sebutkan Faktor Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Sriwijaya, Perbaharui tutorial terbaru anda entang Sebutkan Faktor Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Sriwijaya. Simak tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang faktor-faktor pendukung perkembangan Kerajaan Sriwijaya, menurut yang saya temukan di , ada, Temukan cara lain yang lebih simpel dan tepat dari hal tersebut.

Lihat video Sebutkan Faktor Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Sriwijaya berikut ini

Tentang faktor-faktor pendukung perkembangan Kerajaan Sriwijaya, menurut yang saya temukan di , ada beberapa faktor yang mendukung perkembangan Kerajaan Sriwijaya menjadi besar di Nusantara dan mancanegara. Berikut adalah faktor-faktor tersebut:

1. Letak geografis Kerajaan Sriwijaya terletak di daerah lintasan pelayaran dan perdagangan antara Asia Timur dan Asia Selatan. Pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya berada di Palembang yang terletak di tepi sungai Musi. Dengan letak yang sangat strategis mendorong para pedagang untuk melakukan kegiatan perdagangannya.

2. Selat Malaka dan Selat Sunda menjadi daerah yang berhasil dikuasai Kerajaan Sriwijaya. Kedua selat tersebut adalah jalur perdagangan yang banyak dilalui negara-negara asing.

3. Memiliki kapal-kapal dagang yang besar jumlahnya.

4. Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat.

5. Menjalin hubungan perdagangan dengan Benggala dan Colamandala di India, lalu lintas perdagangan Sriwijaya makin ramai.

6. Daerah kekuasaan yang luas, hampir sebagian wilayah Asia Tenggara waktu itu dikuasai Sriwijaya.

7. Perkembangan sosial dan budaya yang maju.

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar di Nusantara yang berdiri sekitar abad ke-7 dan terus mengalami perkembangan yang pesat. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan Kerajaan Sriwijaya antara lain adalah :
1. Letaknya yang strategis di Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran dan perdagangan internasional.
2. Kemajuan kegiatan perdagangan antara India dan Cina melintasi selat Malaka.
3. Keruntuhan Kerajaan Funan di Vietnam Selatan memberikan kesempatan bagi perkembangan Sriwijaya sebagai negara maritim (sarwajala).
4. Sriwijaya memiliki kapal dagang yang besar jumlahnya.
5. Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat.
6. Sriwijaya menjalin hubungan perdagangan dengan Benggala dan Colamandala di India.

Simak Juga  Apakah Bpjs Ketenagakerjaan Bisa Untuk Berobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *