Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Lingkungan

Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Lingkungan, Pelajari tutorial terbaru anda entang Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Lingkungan. Dapatkan tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang teknologi ramah lingkungan di bidang lingkungan, ada banyak teknologi yang dapat digunakan, Dapatkan cara lain yang lebih mudah dan ringkas dari hal tersebut.

Lihat video Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Lingkungan berikut ini

Tentang teknologi ramah lingkungan di bidang lingkungan, ada banyak teknologi yang dapat digunakan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa contoh teknologi ramah lingkungan yang dapat digunakan di bidang lingkungan antara lain:

1. Biopori
Biopori adalah membuat area yang dibuat berlubang-lubang kecil (berpori) yang diisi sampah organik yang nantinya akan menyerap air hujan ke tanah dengan lebih baik. Teknologi ini juga dikenal dengan istilah teknologi lubang resapan (TLR), merupakan teknik untuk membuat wilayah resapan air hujan.

2. Fitoremediasi
Fitoremediasi adalah teknologi pengolahan limbah cair dengan menggunakan tanaman sebagai agen pengolahnya. Teknologi ini sangat efektif dalam mengolah limbah cair yang mengandung logam berat.

3. Toilet Pengompos (Composting Toilet)
Toilet pengompos adalah toilet yang memanfaatkan proses pengomposan untuk mengolah limbah kotoran manusia menjadi pupuk organik.

4. Pemurnian Air (Water Purification)
Pemurnian air adalah proses pengolahan air untuk menghilangkan kandungan zat-zat berbahaya dan menjadikan air tersebut aman untuk dikonsumsi.

5. Biogas
Biogas merupakan jenis bahan bakar alternatif yang sudah digunakan sebagai bahan bakar bagi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), biogas diperoleh dari proses fermentasi bahan organik bakteri anaerob (bakteri yang hidup di lingkungan tanpa oksigen).

6. Energi Terbarukan
Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti matahari, angin, air dan panas bumi.

Simak Juga  Cara Menghitung Jumlah Kolom Yang Terisi Di Excel

7. Transportasi Ramah Lingkungan
Transportasi ramah lingkungan adalah transportasi yang menggunakan energi terbarukan seperti mobil listrik dan hidrogen.

8. Arsitektur dan Desain Bangunan Hijau
Arsitektur dan desain bangunan hijau adalah arsitektur dan desain bangunan yang meminimalkan dampak lingkungan.

9. Pengelolaan Sampah
Pengelolaan sampah adalah proses pengolahan sampah agar tidak mencemari lingkungan.

10. Penghijauan
Penghijauan adalah penanaman pohon atau tanaman pada lahan kosong atau lahan terbuka untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Sumber:

Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang dalam pembuatan dan penerapannya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan. Proses yang efektif dan efisien dan mengeluarkan limbah yang minimal dapat mengurangi serta mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup. Teknologi ramah lingkungan harus memenuhi persyaratan terhadap regulasi. Selain itu efisien dalam penggunaan sumber daya, baik itu air, energi, penggunaan bahan baku, dan bahan kimia.

Teknologi ramah lingkungan telah diterapkan dalam berbagai bidang, seperti di bidang energi dan industri, lingkungan, dan transportasi. Contoh teknologi ramah lingkungan pada bidang lingkungan antara lain:

1. Biopori adalah membuat area yang dibuat berlubang-lubang kecil (berpori) yang diisi sampah organik yang nantinya akan menyerap air hujan ke tanah dengan lebih baik. Teknologi ini juga dikenal dengan istilah teknologi lubang resapan (TLR), merupakan teknik untuk membuat wilayah resapan air hujan.
2. Fitoremediasi adalah teknologi yang memanfaatkan tanaman untuk membersihkan polutan di dalam tanah atau air.
3. Toilet Pengompos (Composting Toilet) adalah toilet yang mengolah kotoran manusia menjadi pupuk kompos.
4. Pemurnian Air (Water Purification) adalah teknologi untuk menghilangkan kandungan zat-zat berbahaya dalam air sehingga air tersebut dapat digunakan kembali.

Simak Juga  Contoh Ruang Lingkup Penelitian Kualitatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *