Apa Itu Term Of Reference

Tentang Term of Reference (TOR), TOR adalah dokumen yang berisi penjelasan lengkap tentang tujuan, ruang lingkup, struktur, kegiatan, tugas, tanggung jawab, dan hasil dari suatu proyek. TOR juga berfungsi sebagai kerangka acuan kerja atau panduan dalam melaksanakan proyek. TOR dibuat oleh tim project management yang terlibat dalam proyek. TOR juga mencakup perjanjian, jadwal pertemuan, dan negosiasi dengan pihak-pihak terkait.

Berikut adalah isi atau komponen Kerangka Acuan Kerja yang sesuai dengan kaidah What, Why, Who, When, Where, How, dan How Much:
– Latar Belakang (Why) — jelaskan latar belakang proyek Anda dengan rinci, mulai dari landasan, ide, hingga konsepnya.
– Uraian Kegiatan (What) — jelaskan mengenai jenis kegiatan atau proyek yang akan Anda laksanakan, lalu sebutkan juga batasan-batasannya.
– Maksud dan Tujuan (Why) — tuliskan hasil akhir yang Anda harapkan dan manfaat yang didapatkan dari proyek tersebut.
– Metode dan Tahapan (How) — jelaskan bagaimana proyek akan Anda jalankan, mulai dari metodenya, tahapan pelaksanan, hingga komponen pendukung proyek.
– Jadwal dan Tempat (When, Where) — cantumkan kapan dan dimana Anda akan melakukan hal-hal penting terkait proyek, seperti jadwal meeting, kunjungan, dan semacamnya.
– Produk (What) — bila ada produk yang Anda hasilkan dari proyek tersebut, maka Anda harus menuliskan semua hal yang relevan dengan produknya.
– Tim Evaluasi (Who) — sebutkan siapa saja yang menjadi tim untuk mengerjakan proyek, serta keterampilan dan pengalamannya masing-masing.
– Logistik dan Anggaran (How Much) — Anda buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang rinci dan lengkap terkait semua pengeluaran terkait proyek.
– Pelaksana dan Penanggung Jawab (Who) — selain tim evaluasi, jelaskan juga siapa saja yang akan bertugas sebagai pelaksana dan penanggung jawab proyek tersebut .

Simak Juga  Cara Membuat Dropdown Di Excel

Term of Reference (TOR) adalah dokumen yang merinci tujuan, ruang lingkup, struktur, kegiatan, tugas, tanggung jawab, dan hasil dari suatu proyek. TOR juga berfungsi sebagai kerangka acuan kerja atau panduan dalam melaksanakan proyek. Dokumen ini dibuat oleh tim project management yang terlibat dalam proyek. TOR juga mencakup perjanjian, jadwal pertemuan, dan negosiasi dengan pihak-pihak terkait.

Dalam TOR terdapat beberapa komponen seperti latar belakang proyek, uraian kegiatan, maksud dan tujuan proyek, metode dan tahapan pelaksanaan proyek, jadwal dan tempat pelaksanaan proyek, produk yang dihasilkan dari proyek tersebut, tim evaluasi yang terlibat dalam proyek tersebut, logistik dan anggaran biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek tersebut serta pelaksana dan penanggung jawab proyek.

Apa Itu Term Of Reference dalam sebuah video

Pelajari tutorial baru dari Apa Itu Term Of Reference dalam dunia digital sekarang. Simak tentang Apa Itu Term Of Reference dari sudut pandang baru yang lebih mudah. Tentang Term of Reference (TOR), TOR adalah dokumen yang berisi penjelasan lengkap tentang tujuan,, Pelajari cara untuk menjadi berpengalaman di suatu hal yang anda sukai disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *