Apa Itu Triple Bottom Line

Tiga Bottom Line (TBL) adalah konsep bisnis berkelanjutan yang mengukur kinerja perusahaan dengan tiga kriteria, yaitu people (sosial), planet (lingkungan), dan profit (ekonomi). Konsep ini berkaitan dengan tiga asumsi penting, yaitu economic prosperity, environmental quality, dan social justice. Konsep ini menjadi parameter perusahaan dalam melakukan kegiatan produksinya dengan orientasi keuntungan. Konsep TBL atau triple bottom line adalah konsep yang berhubungan dengan tiga unsur penting, yaitu kesejahteraan ekonomi, kualitas lingkungan, dan keadilan sosial. Dengan kata lain, pengukuran kinerja perusahaan tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tetapi juga dari aspek sosial dan lingkungan. Tiga unsur tersebut dianggap sebagai landasan fundamental untuk membangun bisnis yang berkelanjutan.

Konsep TBL atau triple bottom line adalah konsep CSR (Corporate Social Responsibility) yang lazim ada dalam bisnis berkelanjutan. Pada era awal 90-an bermunculan industri atau perusahaan yang orientasinya keuntungan semata. Perusahaan-perusahaan tersebut mencemari lingkungan secara terang-terangan demi tercapainya keuntungan. Dampak kerusakan lingkungan yang terjadi cukup beragam, mulai dari pemanasan global, pencemaran lingkungan hidup, deforestasi, kerusakan sumber daya alam, dan lain-lain. Sayangnya, perusahaan terkait cenderung abai terhadap dampak negatif yang timbul akibat operasional perusahaan ini. Pada 1994, John Elkington, seorang penulis asal Inggris, melayangkan kritik tajam kepada perusahaan dan industri tersebut melalui bukunya Cannibal with Forks. Di dalam buku tersebut, John Elkington mencetuskan konsep triple bottom line (TBL). Secara singkat, TBL atau triple bottom line adalah konsep yang berhubungan dengan tiga unsur penting, yaitu kesejahteraan ekonomi, kualitas lingkungan, dan keadilan sosial. Dengan kata lain, pengukuran kinerja perusahaan tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tetapi juga dari aspek sosial dan lingkungan. Tiga unsur tersebut dianggap sebagai landasan fundamental untuk membangun bisnis yang berkelanjutan .

Simak Juga  Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Di Excel

.
Triple Bottom Line adalah konsep bisnis berkelanjutan yang mengukur kinerja perusahaan dengan tiga kriteria, yaitu people (sosial), planet (lingkungan), dan profit (ekonomi). Konsep ini berkaitan dengan tiga asumsi penting, yaitu economic prosperity, environmental quality, dan social justice. Konsep ini menjadi parameter perusahaan dalam melakukan kegiatan produksinya dengan orientasi keuntungan.

Konsep Triple Bottom Line atau TBL adalah konsep yang berhubungan dengan tiga unsur penting, yaitu kesejahteraan ekonomi, kualitas lingkungan, dan keadilan sosial. Dengan kata lain, pengukuran kinerja perusahaan tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tetapi juga dari aspek sosial dan lingkungan. Tiga unsur tersebut dianggap sebagai landasan fundamental untuk membangun bisnis yang berkelanjutan.

.

Pelajari tutorial lebih lanjut dalam Apa Itu Triple Bottom Line untuk memperbaharui kreativitas anda. Pelajari tentang Apa Itu Triple Bottom Line yang saat ini populer di dunia digital. Tiga Bottom Line (TBL) adalah konsep bisnis berkelanjutan yang mengukur kinerja perusahaan dengan Temukan cara untuk mengasah kreativitas Anda dan membuat suatu karya yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Apa Itu Triple Bottom Line berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *