Cara Memisahkan Huruf Dan Angka Di Excel

Tentang cara memisahkan huruf dan angka di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi-fungsi seperti LEFT, MID, RIGHT, FIND atau membuat fungsi sendiri. Fungsi-fungsi tersebut dapat mengambil karakter dari kiri, tengah atau kanan berdasarkan posisi angka atau huruf. Jika pola gabungan teks dan angka sama, misal terdiri dari 6 huruf dan 4 angka, maka cara ini akan cukup mudah. Namun jika tidak sama, maka cara ini akan lebih kompleks. Ada juga cara lain dengan menggunakan rumus TEXTSPLIT yang bisa memisahkan kata pada excel.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi LEFT untuk memisahkan teks dan angka pada Microsoft Excel:
1. Pada kolom B, ketikkan formula =LEFT(A1,FIND( ,A1)-1) untuk memisahkan teks.
2. Pada kolom C, ketikkan formula =RIGHT(A1,LEN(A1)-FIND( ,A1)) untuk memisahkan angka.

Anda dapat mengganti formula tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk memisahkan huruf dan angka di Excel, Anda bisa menggunakan fungsi-fungsi seperti LEFT, MID, RIGHT, FIND, atau membuat fungsi sendiri. Fungsi-fungsi tersebut bisa mengambil karakter dari kiri, tengah, atau kanan berdasarkan posisi angka atau huruf. Jika pola gabungan teks dan angka sama, misal terdiri dari 6 huruf dan 4 angka, maka cara ini akan cukup mudah. Namun jika tidak sama, maka cara ini akan lebih kompleks. Ada juga cara lain dengan menggunakan rumus TEXTSPLIT yang bisa memisahkan kata pada excel.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi LEFT untuk memisahkan huruf dan angka di Excel:
1. Pilih sel yang ingin Anda pisahkan.
2. Ketikkan formula =LEFT(A1,FIND( ,A1)-1) pada sel yang kosong.
3. Tekan Enter pada keyboard.
4. Salin formula ke sel lainnya.

Anda juga bisa menggunakan fungsi MID atau RIGHT untuk memisahkan huruf dan angka di Excel. Silakan lihat referensi yang saya sertakan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut .

Simak Juga  Rumus Menghitung Hari Kerja Di Excel

Temukan tutorial lebih lanjut dalam Cara Memisahkan Huruf Dan Angka Di Excel untuk mengasah kreativitas anda. ikuti tentang Cara Memisahkan Huruf Dan Angka Di Excel yang saat ini populer di dunia digital. Tentang cara memisahkan huruf dan angka di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi-fungsi seperti LEFT, Temukan cara cara untuk menambah kreativitas Anda dan menciptakan suatu karya yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Cara Memisahkan Huruf Dan Angka Di Excel berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *