Contoh Soal Harga Pokok Produksi

Tentang Contoh Soal Harga Pokok Produksi, berikut adalah yang dapat membantu Anda memahami konsep tersebut. ini diambil dari Kompas.com dan berjudul Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan Contohnya . ini menjelaskan tentang harga pokok produksi dan bagaimana cara menghitungnya.

Harga pokok produksi adalah daftar biaya yang harus dikeluarkan selama proses produksi di periode tertentu. Harga pokok produksi terdiri dari tiga komponen biaya, yakni biaya tenaga kerja, biaya bahan baku serta biaya overhead pabrik .

Berikut adalah rumus untuk menghitung harga pokok produksi :
Harga Pokok Produksi = Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Pabrik

Untuk lebih memahami cara menghitung harga pokok produksi, Anda dapat membaca tersebut.
Harga pokok produksi (HPP) adalah biaya produksi yang dihitung dari penjumlahan tiga komponen biaya, yakni biaya tenaga kerja, biaya bahan baku serta biaya overhead pabrik. Harga pokok produksi termasuk komponen penting yang harus dicatat dalam laporan keuangan. Perhitungan ini akan menjadi tolak ukur penjualan dan bahan pertimbangan perusahaan. Sesuai namanya, harga pokok produksi merupakan daftar biaya yang harus dikeluarkan selama proses produksi di periode tertentu. Maka dari itu, perusahaan mau tidak mau harus memperhitungkan harga pokok produksinya.

Berikut adalah contoh soal mengenai harga pokok produksi:
Sebuah perusahaan memproduksi 10.000 unit produk dengan biaya bahan baku sebesar Rp 50.000.000,- dan biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp 30.000.000,- serta biaya overhead pabrik sebesar Rp 20.000.000,-. Tentukanlah harga pokok produksinya!

Penyelesaian:
Harga Pokok Produksi = Jumlah total biaya produksi + saldo awal persediaan barang dalam proses produksi
Tahap Keempat : Menghitung HPP Rumus : Harga pokok produksi + persediaan barang awal – persediaan barang akhir
HPP= Harga pokok produksi + persediaan barang awal + persediaan barang akhir

Simak Juga  Mengambil Beberapa Karakter Di Excel

Jadi, harga pokok produksinya adalah Rp 100.000.000,-.

Contoh Soal Harga Pokok Produksi dalam sebuah video

Dalami langkah langkah terupdate dari Contoh Soal Harga Pokok Produksi dalam dunia digital sekarang. Pelajari tentang Contoh Soal Harga Pokok Produksi dari sudut pandang baru yang lebih simpel. Tentang Contoh Soal Harga Pokok Produksi, berikut adalah yang dapat membantu Anda memahami konsep, Simak cara untuk menjadi expert di suatu ketrampilan yang anda sukai disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *