Apa Itu Industri Kecil Menengah

Industri Kecil Menengah (IKM) adalah industri yang memiliki skala usaha kecil dan menengah. Menurut Peraturan Kementerian Perindustrian No. 64 tahun 2016, industri kecil adalah industri yang memiliki nilai investasi paling banyak Rp 5 miliar dan paling sedikit Rp 500 juta, serta memiliki jumlah tenaga kerja paling banyak 19 orang. Sedangkan industri menengah adalah industri yang memiliki nilai investasi paling banyak Rp 100 miliar dan paling sedikit Rp 5 miliar, serta memiliki jumlah tenaga kerja paling banyak 99 orang.

IKM adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. IKM memiliki peran strategis dalam menyediakan lapangan kerja, meningkatkan nilai tambah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

IKM diklasifikasikan berdasarkan nilai investasi dan jumlah tenaga kerja. Berdasarkan nilai investasi, IKM dikelompokkan menjadi:

  • Industri kecil: nilai investasi paling banyak Rp 5 miliar dan paling sedikit Rp 500 juta
  • Industri menengah: nilai investasi paling banyak Rp 100 miliar dan paling sedikit Rp 5 miliar

Berdasarkan jumlah tenaga kerja, IKM dikelompokkan menjadi:

  • Industri kecil: jumlah tenaga kerja paling banyak 19 orang
  • Industri menengah: jumlah tenaga kerja paling banyak 99 orang

IKM memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, antara lain:

IKM merupakan salah satu sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Pada tahun 2022, IKM menyerap 11,6 juta tenaga kerja, atau sekitar 98,5% dari total tenaga kerja di sektor industri.

IKM berperan dalam meningkatkan nilai tambah produk domestik bruto (PDB). Pada tahun 2022, IKM memberikan kontribusi sebesar 19,6% terhadap PDB Indonesia.

IKM berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi, konsumsi, dan ekspor.

Dasar hukum IKM di Indonesia adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Undang-undang ini mengatur tentang pengaturan, pembinaan, dan pengembangan IKM.

Simak Juga  Apa Arti Clingy

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan IKM, antara lain:

Pemerintah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada IKM untuk meningkatkan kapasitas dan daya saingnya.

Pemerintah memberikan kemudahan akses pembiayaan kepada IKM, antara lain melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan penjaminan kredit.

Pemerintah melakukan promosi dan pemasaran produk IKM melalui berbagai kegiatan, antara lain pameran dan bazar.

IKM adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. IKM memiliki peran strategis dalam menyediakan lapangan kerja, meningkatkan nilai tambah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Apa Itu Industri Kecil Menengah video

Apa Itu Industri Kecil Menengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *