Mengulas Apa Itu Hukum Pascal

Apa Itu Hukum Pascal

Hukum Pascal adalah hukum hidrostatika yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Hukum ini ditemukan oleh Blaise Pascal, seorang matematikawan dan fisikawan Prancis, pada tahun 1647.

Hukum Pascal dapat dirumuskan sebagai berikut:

P1 = P2 

dimana:

  • P1 adalah tekanan pada titik 1
  • P2 adalah tekanan pada titik 2

Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Hal ini disebabkan oleh sifat fluida yang dapat mengalir. Ketika tekanan diberikan pada suatu titik pada fluida, maka tekanan tersebut akan diteruskan ke seluruh bagian fluida melalui gaya kohesi antar molekul fluida.

Hukum Pascal memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Hukum Pascal digunakan dalam sistem hidrolik untuk menghasilkan gaya yang besar dari gaya yang kecil. Sistem hidrolik terdiri dari dua silinder yang dihubungkan oleh selang pipa. Silinder yang satu memiliki piston yang besar, sedangkan silinder yang lain memiliki piston yang kecil. Ketika tekanan diberikan pada piston yang kecil, maka tekanan tersebut akan diteruskan ke piston yang besar melalui selang pipa. Akibatnya, piston yang besar akan bergerak dan menghasilkan gaya yang besar.

Hukum Pascal juga digunakan dalam sistem rem mobil. Ketika pedal rem ditekan, maka tekanan akan diteruskan ke piston rem. Piston rem ini akan menekan ban mobil, sehingga mobil akan berhenti.

Simak Juga  Lihat Apa Itu Zat Fisika trend

Hukum Pascal juga digunakan dalam dongkrak hidrolik. Dongkrak hidrolik digunakan untuk mengangkat benda berat. Ketika tuas dongkrak ditekan, maka tekanan akan diteruskan ke piston dongkrak. Piston dongkrak ini akan mendorong piston lain yang lebih besar, sehingga benda berat akan terangkat.

Prinsip Hukum Pascal adalah sebagai berikut:

  • Tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar.
  • Tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan sebanding dengan luas penampang.
  • Tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan sebanding dengan perubahan volume.

Hukum Pascal dapat dibuktikan dengan menggunakan percobaan sederhana. Percobaan ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua tabung gelas yang dihubungkan oleh selang pipa. Tabung gelas yang satu memiliki piston yang besar, sedangkan tabung gelas yang lain memiliki piston yang kecil. Ketika tekanan diberikan pada piston yang kecil, maka tekanan tersebut akan diteruskan ke piston yang besar. Akibatnya, piston yang besar akan bergerak dan menghasilkan gaya yang besar.

Hukum Pascal diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari, antara lain:

Hukum Pascal adalah hukum hidrostatika yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada fluida di dalam bejana tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Hukum ini memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain dalam sistem hidrolik, sistem rem, dongkrak hidrolik, dan sistem pengangkat.

WebHukum pascal merupakan salah satu hukum yang ada dalam ilmu fisika. Oleh karena itu, bagi pelajar yang sedang menempuh pelajaran science atau ilmu pengetahuan alam. WebHukum Pascal berbunyi, "Tekanan yang diberikan pada zat cair di dalam ruang tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar.".

Simak Juga  Simak Apa Itu Genre Josei
Apa Itu Hukum Pascal

Apa Bunyi Hukum Pascal? Berikut Rumus dan Contoh Penerapannya – Source: detikcom

Apa Itu Hukum Pascal

Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari? – Direktorat SMP – Source: Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari? – Direktorat SMP

Apa Itu Hukum Pascal

Asal-Usul, Sejarah, dan Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari | Fisika Kelas 8 – Belajar Gratis di Rumah Kapan Pun! | Blog Ruangguru – Source: Ruangguru

Apa Itu Hukum Pascal, HUKUM PASCAL | TEKANAN ZAT CAIR, 7.64 MB, 05:34, 30,448, Mr. Klik, 2021-01-15T12:20:26.000000Z, 5, Apa Bunyi Hukum Pascal? Berikut Rumus dan Contoh Penerapannya, detikcom, 349 x 620, jpg, , 3, apa-itu-hukum-pascal

Apa Itu Hukum Pascal. WebHukum Pascal menggambarkan sebuah hukum fisika fluida yang menjelaskan bahwa dengan adanya tekanan yang diberikan pada fluida statis dalam.

Video ini berisi pemaparan hukum pascal yang termasuk dalam materi tekan atau lebih tepatnya tekanan zat cair.
semoga dapat bermanfaat bagi peserta didik untuk menjadi Generasi Smart Indonesia.

Resume
docs.google.com/document/d/1SrQJ-Xtj08qryCYo_1L0ROmO7FApz0v-Fy61Cjm9RFk/edit?usp=sharing

#tekanan
#mrklik
#IPA

SUBSCRIBE ►► youtube.com/c/MrKlik
MY INSTAGRAM►► instagram.com/kelikyan
MY FACEBOOK ►► facebook.com/kelikyan

Video Created by Kelikyan
All Videos uploaded by and full rights belong to Mr. Klik

thank you for watching don’t forget to subscribe!

Apa Bunyi Hukum Pascal? Berikut Rumus dan Contoh Penerapannya

Apa Itu Hukum Pascal, WebHukum Pascal berbunyi, "Tekanan yang diberikan pada zat cair di dalam ruang tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar.".

HUKUM PASCAL | TEKANAN ZAT CAIR

HUKUM PASCAL | TEKANAN ZAT CAIR

Source: Youtube.com

Hukum Pascal ( Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari )

Hukum Pascal ( Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari )

Source: Youtube.com

Pascal's law – Animated and explained with 3d program

Pascal's law - Animated and explained with 3d program

Source: Youtube.com

Simak Juga  Berikut Apa Fungsi Jaring jaring Makanan Di Dalam Sebuah Ekosistem

Pascal's Principle, Hydraulic Lift System, Pascal's Law of Pressure, Fluid Mechanics Problems

Pascal's Principle, Hydraulic Lift System, Pascal's Law of Pressure, Fluid Mechanics Problems

Source: Youtube.com

Pascal's Law

Pascal's Law

Source: Youtube.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *