Artikel Apa Itu Fungsi Berikan Contohnya update

Fungsi adalah sebuah bagian dari program komputer yang melakukan tugas tertentu. Fungsi dapat didefinisikan sebagai kumpulan pernyataan yang dikelompokkan bersama untuk melakukan tugas tertentu. Fungsi dapat dipanggil dari tempat lain dalam program untuk melakukan tugas tersebut.

Berikut adalah contoh fungsi dalam bahasa Python:

def cetak_nama(nama): print(nama) 

Fungsi cetak_nama() memiliki satu argumen, yaitu nama. Fungsi ini akan mencetak nilai argumen nama ke layar.

Contoh lain adalah fungsi jumlah() dalam bahasa C:

int jumlah(int a, int b) { return a + b; } int main() { int x = 10; int y = 20; int hasil = jumlah(x, y); return 0; } 

Fungsi jumlah() memiliki dua argumen, yaitu a dan b. Fungsi ini akan mengembalikan nilai penjumlahan dari a dan b.

Dalam setiap bahasa pemrograman, terdapat berbagai jenis fungsi yang dapat digunakan. Beberapa fungsi yang umum digunakan antara lain:

  • Fungsi matematika, seperti sin(), cos(), dan tan().
  • Fungsi string, seperti len(), lower(), dan upper().
  • Fungsi input/output, seperti print() dan input().
  • Fungsi file, seperti open(), read(), dan write().
  • Fungsi sistem, seperti exit() dan time().

Untuk membuat fungsi, kita perlu mendefinisikan fungsi tersebut terlebih dahulu. Definisi fungsi biasanya dimulai dengan kata kunci def diikuti dengan nama fungsi dan daftar argumen.

Berikut adalah contoh definisi fungsi dalam bahasa Python:

def cetak_nama(nama): print(nama) 

Setelah fungsi didefinisikan, kita dapat memanggil fungsi tersebut dengan cara menuliskan nama fungsi diikuti dengan daftar argumen.

Berikut adalah contoh pemanggilan fungsi dalam bahasa Python:

def cetak_nama(nama): print(nama) 

Untuk mengembalikan nilai dari fungsi, kita dapat menggunakan kata kunci return diikuti dengan nilai yang ingin dikembalikan.

Berikut adalah contoh pengembalian nilai dari fungsi dalam bahasa Python:

def jumlah(a, b): return a + b print(jumlah(10, 20)) 

Output:

30 

Fungsi adalah bagian penting dari program komputer. Fungsi dapat digunakan untuk melakukan tugas tertentu dan dapat dipanggil dari tempat lain dalam program.

Simak Juga  Materi Apa Itu Hukum Acara Pidana

WEBFungsi Identitas. Misalkan f:A→B adalah fungsi dari A ke B maka f disebut fungsi identitas jika dan hanya jika range f = kodomain atau f(A)=B. Fungsi Kuadrat.. WEBDefinisi fungsi adalah relasi dari himpunan A ke himpunan B, di mana dari A ke B jika setiap anggota himpunan A berpasangan tepat satu dengan anggota himpunan B.. WEBPengertian data menurut Nuzulla Agustina adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa serangkaian angka, fakta, gambar, tabel grafik, kata,. WEBContoh fungsi aljabar adalah fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi polinom, fungsi modulus, dan sebagainya. Sedangkan fungsi transenden. WEBJenis Fungsi Asuransi dan Manfaatnya. 1. Asuransi Jiwa. Jenis asuransi ini yang dirancang untuk memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis atau.

Apa Itu Fungsi Berikan Contohnya

Apa Itu Fungsi Berikan Contohnya.

Apa Itu Fungsi Berikan Contohnya, WEBPengertian data menurut Nuzulla Agustina adalah suatu informasi mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa serangkaian angka, fakta, gambar, tabel grafik, kata,. WEBContoh fungsi aljabar adalah fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi linear, fungsi kuadrat, fungsi polinom, fungsi modulus, dan sebagainya. Sedangkan fungsi transenden. WEBJenis Fungsi Asuransi dan Manfaatnya. 1. Asuransi Jiwa. Jenis asuransi ini yang dirancang untuk memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis atau. WEBKOMPAS.com – Fungsi manajemen ada empat, yakni Planning (perencanaan, Organizing (pengorganisasian), Actuating (pengarahan), serta Controling. WEBFungsi Kata Penghubung dan Contohnya. Jenis kata penghubung juga bisa dibedakan berdasarkan fungsinya. Dilansir dari buku Cerdas Berbahasa Indonesia. WEB#1 Perbedaan Fungsi dan Prosedur #2 Contoh Prosedur pada Program Pascal #3 Contoh Fungsi dalam Program Pascal; Menarik Kesimpulan #1 Perbedaan Fungsi dan. WEBFungsi sosial berasal dari kata dasar fungsi dan sosial. Secara khusus, pengertian fungsi sosial adalah proses interaksi yang terjadi di lingkungan, sejak. WEBApa itu fungsi? Fungsi dalam ilmu matematika merupakan pemetaan setiap anggota suatu himpunan. Simak penjelasan lengkap dan contohnya berikut ini. WEBBaca juga: Apa Itu Cash Flow: Definisi, Jenis, Contoh, dan Cara Membuatnya. Fungsi pemasaran adalah. Berikut ini beberapa fungsi dari pemasaran. 1. Peningkatan. WEBJenis-Jenis Fungsi. Secara umum, fungsi dibagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut. 1. Fungsi injektif. Fungsi injektif adalah fungsi yang anggota kodomainnya hanya boleh.

Simak Juga  Ulasan Apa Persamaan Faktual yg perlu disimak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *