Baru Apa Itu Fungsi Sosialisasi update

Apa Itu Fungsi Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses belajar dan penyesuaian diri individu dengan norma, nilai, dan aturan sosial yang berlaku di masyarakat. Sosialisasi memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

Fungsi adaptasi adalah fungsi sosialisasi yang bertujuan untuk membantu individu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Melalui sosialisasi, individu belajar tentang norma, nilai, dan aturan yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian, individu dapat berperilaku sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku, sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Fungsi integrasi adalah fungsi sosialisasi yang bertujuan untuk menyatukan individu-individu dalam suatu kelompok sosial. Melalui sosialisasi, individu belajar tentang nilai dan norma yang sama, sehingga dapat saling memahami dan bekerja sama. Dengan demikian, terciptalah masyarakat yang harmonis dan teratur.

Fungsi kontrol sosial adalah fungsi sosialisasi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku individu agar sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlaku. Melalui sosialisasi, individu belajar tentang sanksi yang akan diterima jika melanggar norma dan nilai sosial. Dengan demikian, individu akan terdorong untuk berperilaku sesuai dengan norma dan nilai sosial.

Fungsi pembentukan identitas sosial adalah fungsi sosialisasi yang bertujuan untuk membentuk identitas sosial individu. Melalui sosialisasi, individu belajar tentang peran dan status sosialnya. Dengan demikian, individu dapat mengetahui posisinya dalam masyarakat dan dapat berperan sesuai dengan posisinya tersebut.

Fungsi pembentukan kepribadian adalah fungsi sosialisasi yang bertujuan untuk membentuk kepribadian individu. Melalui sosialisasi, individu belajar tentang nilai, norma, dan aturan sosial yang berlaku. Dengan demikian, individu dapat mengembangkan kepribadiannya sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku.

Faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi antara lain:

Proses sosialisasi terjadi melalui dua tahap, yaitu:

Simak Juga  Perlu kita lihat Apa Gagasan Yang Bisa Anda Sumbangkan Untuk Mengatasi Persoalan Intoleransi viral

Contoh sosialisasi antara lain:

Sosialisasi sangat penting bagi individu dan masyarakat. Sosialisasi dapat membantu individu untuk:

Apa Itu Fungsi Sosialisasi

Kompas.com

Apa Itu Fungsi Sosialisasi

Source: kompas.com

AnyFlip

Apa Itu Fungsi Sosialisasi

Source: online.anyflip.com

Apa Itu Fungsi Sosialisasi.

Apa Itu Fungsi Sosialisasi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *