Asuransi Dibayar Dimuka Termasuk Akun

Tentang Asuransi Dibayar Dimuka Termasuk Akun, menurut buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XII karya Mufidah, ada dua metode pencatatan yang dapat digunakan:
1. Dicatat sebagai harta (pendekatan neraca), yaitu pembayaran asuransi di muka akan dicatat dalam akun Beban dibayar di muka.
2. Dicatat sebagai beban (pendekatan laba-rugi), yaitu pembayaran asuransi di muka akan dicatat dalam akun Beban …..

Asuransi dibayar di muka adalah pembayaran premi asuransi yang dibayarkan oleh perusahaan maupun individu kepada perusahaan asuransi di awal masa pertanggungan, baik itu sekaligus maupun sebagian meski belum jatuh tempo pembayaran. Istilah asuransi dibayar di muka penting dipahami terutama dalam kaitannya dengan pencatatan laporan keuangan karena berkaitan dengan pengeluaran biaya dan status asuransi dibayar di muka dalam neraca.

Asuransi dibayar dimuka termasuk sebagai aset. Jenis pembayaran di muka adalah bentuk pembayaran yang sebagian atau seluruhnya sudah digunakan. Pencatatan untuk pembayaran ini hanya valid sampai periode tertentu, yaitu sampai kita dapat mengambil keuntungan dari pembayaran tersebut. Dan semua pengeluaran yang belum jatuh tempo dan penggunaannya ada di masa yang akan datang, termasuk ke kategori aset perusahaan.

Asuransi dibayar dimuka adalah pembayaran premi asuransi yang dibayarkan oleh perusahaan maupun individu kepada perusahaan asuransi di awal masa pertanggungan, baik itu sekaligus maupun sebagian meski belum jatuh tempo pembayaran. Istilah asuransi dibayar di muka penting dipahami terutama dalam kaitannya dengan pencatatan laporan keuangan karena berkaitan dengan pengeluaran biaya dan status asuransi dibayar di muka dalam neraca. Dalam pencatatan akuntansi, pembayaran asuransi di muka akan dicatat dalam akun Beban dibayar di muka atau Hutang dibayar di muka tergantung pada metode pencatatan yang digunakan.

Simak Juga  Desain Logo Merupakan Perwakilan Sebuah Usaha

Video tentang Asuransi Dibayar Dimuka Termasuk Akun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *