Apa Saja Syarat Melamar Kerja

Tentang syarat melamar kerja, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Pertama, surat lamaran kerja yang berfungsi untuk menjelaskan minat pelamar terhadap perusahaan tertentu, bahwa pelamar sedang mencari pekerjaan dan menawarkan diri untuk dipekerjakan oleh perusahaan. Selain surat lamaran kerja, ada juga cover letter atau surat pengantar. Berbeda dari surat lamaran kerja, cover letter hanya terdiri dari tiga paragraf yang berisi alasan mengapa pelamar menginginkan pekerjaan tersebut dan merasa cocok dengan posisi atau perusahaan yang ditawarkan. Pelamar dapat memasukkan perkenalan dan pengantar, seperti memberi tahu dari mana pelamar menemukan pekerjaan tersebut. Kemudian, pelamar dapat menyebutkan pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang cocok dengan posisi yang diinginkan. Terakhir, cover letter ditutup dengan ucapan terima kasih dan memberikan kontak yang bisa dihubungi.

Kedua, curriculum vitae atau yang biasa disingkat CV. Curriculum vitae bisa dianggap sebagai daftar riwayat hidup karena isinya mencakup data diri, alamat email, nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill atau kemampuan yang dimiliki.

Ketiga, portofolio merupakan kumpulan hasil karya yang telah dibuat selama hidup untuk menunjukkan bahwa keterampilan atau skill yang tertera di dalam CV benar adanya dan terbukti. Portofolio dapat berupa desain atau gambar, projek, tulisan, dan lainnya yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Portofolio ini biasanya membedakan satu kandidat dengan kandidat lainnya.

Keempat, fotokopi sertifikat-sertifikat keterampilan lainnya seperti ijazah dan transkrip nilai.

Kelima, fotokopi identitas resmi seperti KTP atau paspor.

Keenam, pas foto terbaru warna.

Ketujuh, surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit.

Kedelapan, surat berkelakukan baik (SKCK).

Demikianlah beberapa syarat melamar kerja yang harus dipenuhi.
Untuk melamar kerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tersebut antara lain :

Simak Juga  Kerajinan Tangan Dari Botol Aqua

1. Surat lamaran kerja
2. Curriculum vitae
3. Portofolio
4. Fotokopi sertifikat-sertifikat keterampilan lainnya
5. Ijazah dan transkrip nilai
6. Formulir data pribadi dari perusahaan
7. Pas foto terbaru
8. Fotokopi kartu identitas
9. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
10. Fotokopi surat keterangan sehat
11. Fotokopi surat pengalaman kerja
12. Kartu AK1 (Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja)

Simak tutorial lanjut dalam Apa Saja Syarat Melamar Kerja untuk menambah kreativitas anda. Pelajari tentang Apa Saja Syarat Melamar Kerja yang saat ini populer di dunia digital. Tentang syarat melamar kerja, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Pertama, surat lamaran kerja Dapatkan cara lain untuk menambah kreativitas Anda dan membuat suatu hal yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Apa Saja Syarat Melamar Kerja berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *