Jelaskan Dengan Bukti Bahwa Negara Indonesia Menganut Teori Kedaulatan Hukum

Jelaskan Dengan Bukti Bahwa Negara Indonesia Menganut Teori Kedaulatan Hukum, Dapatkan langkah terbaru anda entang Jelaskan Dengan Bukti Bahwa Negara Indonesia Menganut Teori Kedaulatan Hukum. Pelajari tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang kedaulatan hukum di Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 secara tegas menyatakan bahwa negara, lengkapi cara lain yang lebih mudah dan ringkas dari hal tersebut.

Lihat video Jelaskan Dengan Bukti Bahwa Negara Indonesia Menganut Teori Kedaulatan Hukum berikut ini

Tentang kedaulatan hukum di Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 secara tegas menyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara hukum dan kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Kedaulatan hukum menunjukkan bahwa hukum adalah sumber kedaulatan dimana kesadaran hukum seseorang akan membuatnya mampu membedakan mana sesuatu yang adil dan mana sesuatu yang tidak adil.

Indonesia menganut paham kedaulatan hukum dan prinsip ini menjamin bahwa setiap tindakan, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun individu, harus sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan.

Saya akan mencoba membantu Anda dengan . Namun, saya perlu memastikan bahwa saya memahami permintaan Anda dengan benar. Apakah Anda ingin saya membantu Anda menulis blog tentang Jelaskan Dengan Bukti Bahwa Negara Indonesia Menganut Teori Kedaulatan Hukum ? Apakah ada persyaratan khusus selain jumlah paragraf dan jumlah kata dalam setiap paragraf? Terima kasih.
Kedaulatan hukum adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi dalam menentukan hukum atau undang-undang yang mengatur negara bukan terletak di tangan raja atau negara, melainkan di tangan hukum. Kedaulatan hukum memiliki tiga sifat utama yaitu tunggal atau satu, asli dan abadi.

Simak Juga  Cek Resi Jnt Express Shopee

Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat yang berarti bahwa kedaulatan negara dipegang oleh rakyat. Dengan demikian, rakyat menjadi pemegang kekuasaan tertinggi di negara bersangkutan. Munculnya teori ini berangkat pada fakta begitu mutlaknya kekuasaan penguasa tunggal suatu negara. Penguasa tunggal ini memiliki kecenderungan untuk memimpin dengan sekehendak hatinya atau tanpa batas. Teori ini hadir untuk mengimbangi kekuasaan tunggal pemimpin negara. Adapun teori kedaulatan rakyat kemudian diberi pengertian sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Sumber:
: [Dunia Pengertian](https://www.duniapengertian.com/2016/09/pengertian-kedaulatan-hukum-dan-teorinya.html)
: [Hukum Online](https://www.hukumonline.com/klinik/a/teori-kedaulatan-rakyat-lt6253d44134e73/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *