Komponen Komponen Layanan Purna Jual

Tentang Komponen Komponen Layanan Purna Jual, layanan purna jual memiliki beberapa unsur, sebagaimana dikemukakan oleh Philip Kotler (2002) bahwa unsur-unsur dalam layanan purna jual adalah sebagai berikut:

1. Garansi
2. Perbaikan dan pemeliharaan
3. Penggantian suku cadang
4. Pelatihan penggunaan produk
5. Konsultasi teknis

Garansi adalah salah satu faktor yang penting dalam melaksanakan sebuah layanan purna jual. Garansi bertujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka beli dalam keadaan baik atau bebas dari kerusakan apapun, baik itu akibat dari ketidaktelitian pengarjaan maupun dari pemakaian material yang kurang baik yang berlaku dalam jangka waktu tertentu .

Perbaikan dan pemeliharaan merupakan unsur penting dalam layanan purna jual karena produk yang digunakan oleh konsumen akan mengalami kerusakan atau keausan seiring dengan penggunaannya. Oleh karena itu, perusahaan harus menyediakan layanan perbaikan dan pemeliharaan agar konsumen merasa puas dengan produk yang mereka beli.

Penggantian suku cadang juga merupakan unsur penting dalam layanan purna jual karena suku cadang merupakan bagian dari produk yang dapat mengalami kerusakan atau keausan seiring dengan penggunaannya. Oleh karena itu, perusahaan harus menyediakan suku cadang agar konsumen dapat memperbaiki produk mereka ketika mengalami kerusakan.

Pelatihan penggunaan produk merupakan unsur penting dalam layanan purna jual karena pelatihan ini akan membantu konsumen untuk menggunakan produk dengan benar dan efektif. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas dengan produk yang mereka beli dan tidak merasa kesulitan ketika menggunakan produk tersebut.

Konsultasi teknis merupakan unsur penting dalam layanan purna jual karena konsultasi ini akan membantu konsumen untuk memahami lebih lanjut tentang produk yang mereka beli dan cara penggunaannya. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas dengan produk yang mereka beli dan tidak merasa kesulitan ketika menggunakan produk tersebut.

Simak Juga  Menghilangkan Baris Kosong Di Excel

Semoga informasi ini dapat membantu Anda .
Layanan purna jual adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada para konsumennya setelah proses transaksi jual beli terjadi. Pelayanan purna jual dilaksanakan oleh perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, menjaga hubungan baik, menjalin kerja sama dengan konsumen, dan menciptakan loyalitas pelanggan itu sendiri.

Menurut Philip Kotler (2002), unsur-unsur dalam layanan purna jual adalah sebagai berikut:
1. Garansi
2. Perbaikan dan pemeliharaan
3. Penggantian suku cadang
4. Pelatihan penggunaan produk
5. Konsultasi teknis.

Video tentang Komponen Komponen Layanan Purna Jual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *