Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If

Saya akan membantu Anda membuat blog tentang Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If . Berikut adalah cara membuat nomor urut di Excel dengan rumus IF:

1. Buka program Microsoft Excel dan buatlah tabel kosong.
2. Pada kolom pertama, ketikkan nomor urut yang ingin Anda buat.
3. Pada kolom kedua, ketikkan data yang ingin Anda masukkan.
4. Pilih sel pada kolom pertama yang ingin Anda isi dengan nomor urut.
5. Ketikkan rumus =IF(B2=;;ROW()-1) pada sel tersebut.
6. Tekan Enter pada keyboard untuk mengisi sel tersebut dengan nomor urut.
7. Gunakan autofill untuk mengisi sel-sel lain yang ada di bawahnya.

Rumus IF digunakan untuk mengecek apakah sel pada kolom kedua kosong atau tidak. Jika kosong, maka sel pada kolom pertama juga akan kosong. Jika tidak kosong, maka nomor urut akan muncul pada sel tersebut.

Selain rumus IF, terdapat juga rumus SEQUENCE dan ROW yang dapat digunakan untuk membuat nomor urut di Excel. Rumus SEQUENCE dapat digunakan dengan mengetikkan =SEQUENCE(jumlah nomor urut) pada cell yang ingin dijadikan sebagai baris nomor urut. Sedangkan rumus ROW dapat digunakan dengan mengetikkan =ROW() pada cell A1, kemudian drag and drop atau klik kiri, tahan dan tarik ke bawah sampai baris yang diinginkan.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk bertanya kembali.
Untuk membuat nomor urut di Excel dengan rumus IF, Anda dapat menggunakan rumus =IF(B2=;;ROW()-1) pada cell A2. Kemudian gunakan Autofill untuk mengisi sel-sel lain yang ada di bawahnya. Rumus ini akan mengecek apakah sel di kolom B kosong atau tidak. Jika kosong, maka sel di kolom A juga akan kosong. Namun jika tidak kosong, maka sel di kolom A akan berisi nomor urut yang sesuai dengan barisnya.

Simak Juga  Cara Membuat Header Di Excel

Dapatkan tutorial lanjut dalam Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If untuk memperbaharui kreativitas anda. Temukan tentang Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If yang saat ini populer di dunia digital. Saya akan membantu Anda membuat blog tentang Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If . Dapatkan cara lain untuk menambah kreativitas Anda dan membuat suatu hal yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Cara Membuat Nomor Urut Di Excel Dengan Rumus If berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *