Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal

Tentang Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal, pendekatan kardinal dalam perilaku konsumen memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu: 1) Mengonsumsi satu macam barang atau jasa (bersifat sederhana). 2) Penambahan dalam mengonsumsi barang atau jasa dapat dihitung dengan satuan. 3) Bersifat subjektif. 4) Terdapat hukum The law of diminishing marginal utility. 5) Dianalisis oleh tiga kurva, yaitu Total Utility (TU) curve, Average Utility (AU) curve, dan Marginal Utility (MU) curve. Dalam pendekatan kardinal, kegunaan dapat dihitung secara nominal .

Pendekatan kardinal adalah salah satu cara dalam menganalisis perilaku konsumen berdasarkan asumsi bahwa tingkat kepuasan pelanggan/konsumen dapat diukur dengan satuan nominal tertentu, seperti uang, jumlah, atau unit. Oleh karena itu, pendekatan ini disebut juga dengan pendekatan kardinal (cardinal approach) .

Dalam mempelajari perilaku konsumen, terdapat dua pendekatan utama yang menganalisis perilaku konsumen dalam mengonsumsi barang dan jasa, salah satunya yaitu pendekatan kardinal .

Teori perilaku konsumen pendekatan kardinal menganggap bahwa kepuasan konsumen yang diperoleh dari kegiatan konsumsi barang dan jasa dapat diukur secara kuantitatif. Artinya kepuasan konsumen dapat diukur dengan angka sebagaimana kita mengukur berat badan, tinggi badan dan sebagainya. Dalam pendekatan kardinal, kegunaan dapat dihitung secara nominal. Pendekatan kardinal dalam perilaku konsumen memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu: 1) Mengonsumsi satu macam barang atau jasa (bersifat sederhana). 2) Penambahan dalam mengonsumsi barang atau jasa dapat dihitung dengan satuan. 3) Bersifat subjektif. 4) Terdapat hukum The law of diminishing marginal utility. 5) Dianalisis oleh tiga kurva, yaitu Total Utility (TU) curve, Average Utility (AU) curve, dan Marginal Utility (MU) curve.

Dalam pendekatan kardinal, kegunaan dapat dihitung secara nominal. Kegunaan ini dinyatakan dalam satuan utilitas. Satuan utilitas ini tidak mempunyai arti apapun dalam dirinya sendiri, tetapi hanya mempunyai arti relatif terhadap satuan utilitas lainnya.

Simak Juga  Contoh Bio Ig Untuk Jualan

Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal dalam sebuah video

Pelajari tutorial terbaru dari Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal dalam dunia digital sekarang. Temukan tentang Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal dari sudut pandang baru yang lebih simpel. Tentang Teori Perilaku Konsumen Pendekatan Kardinal, pendekatan kardinal dalam perilaku konsumen, Dapatkan cara untuk menjadi expert di suatu bidang yang anda sukai disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *