Rumus Mencari Persentase Di Excel

Tentang rumus mencari persentase di Excel, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghitung persentase di Excel:

1. Cara Menampilkan Format Persen di Excel
Sebelum membahas cara menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau cara membuat persen di excel. Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam berbagai macam format angka. Salah satu format angka tersebut adalah format persentase (Percentage) sebagaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial tentang Custom Number Format Pada Excel Setidaknya ada 3 cara yang bisa Anda pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
– Mengetikkan langsung lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan sebuah angka.
– Memformat cell excel dengan mengubah style format persen (%) pada Tab Home–Number–Percent (%).
– Menggunakan fungsi TEXT() untuk merubah nilai angka menjadi format persen.

2. Cara Menghitung Persentase di Excel
Menghitung persentase atau persen tidak bisa dipisahkan saat mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan. Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yang melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi dan lain sebagainya. Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel.

3. Menghitung Persentase Proporsi
Rumus persentase proporsi adalah rumus yang digunakan untuk menghitung presentase dari suatu nilai terhadap total nilai keseluruhan. Berikut adalah rumusnya:
Persentase = (Nilai / Total Nilai) x 100%

Simak Juga  Rumus Excel Tambah 10 Persen

4. Menghitung Persentase Perubahan
Rumus persentase perubahan digunakan untuk menghitung perubahan antara dua nilai dalam bentuk presentase. Berikut adalah rumusnya:
Persentase Perubahan = ((Nilai Baru – Nilai Lama) / Nilai Lama) x 100%

Apakah ada hal lain yang ingin Anda tanyakan?
Untuk mencari persentase di Excel, dapat digunakan rumus persentase X = Nilai X / Nilai pembanding x 100%. Misalnya, untuk mencari persentase dari 6 anak-anak dari total 10 orang, dapat menggunakan rumus Persentase anak-anak = (6/10) x 100% = 60%. Untuk memasukkan rumus persentase ke dalam tabel Excel, dapat menggunakan rumus =B1/B2 pada cell B3. Untuk menghitung persentase dari jumlah, dapat menggunakan rumus jumlah / total = persentase. Untuk menghitung persentase dari kolom, dapat menggunakan rumus =persen/100 x nilai. Untuk memformat angka sebagai persentase, dapat menggunakan pintasan keyboard CTRL + SHIFT + % atau memilih icon Percent Style pada menu bar. Untuk menghitung penjumlahan persen, dapat menggunakan rumus \=Sel angka awal* (1+Sel persen)\ pada sel tertentu. Sedangkan untuk pengurangan persen, dapat menggunakan rumus \=Sel angka awal* (1-Sel persen)\.

Apakah ada yang ingin Anda tanyakan lagi?

Temukan tutorial lanjut dalam Rumus Mencari Persentase Di Excel untuk mengasah kreativitas anda. Temukan tentang Rumus Mencari Persentase Di Excel yang saat ini populer di dunia digital. Tentang rumus mencari persentase di Excel, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan Dapatkan cara lain untuk mengasah kreativitas Anda dan melahirkan suatu hal yang menginspirasi di tempat ini.

Lihat video Rumus Mencari Persentase Di Excel berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *