Apa Itu Audit Dalam Perusahaan

Apa Itu Audit Dalam Perusahaan, Pelajari langkah terbaru anda entang Apa Itu Audit Dalam Perusahaan. Simak tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang audit dalam perusahaan, audit adalah pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, Pelajari cara lain yang lebih simpel dan ringkas dari hal tersebut.

Lihat video Apa Itu Audit Dalam Perusahaan berikut ini

Tentang audit dalam perusahaan, audit adalah pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis oleh pihak yang melakukan, bersifat independen terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen dan disertai dengan catatan-catatan pembukuan dan bukti pendukung. Ada dua jenis audit yaitu audit internal dan audit eksternal. Audit internal dilakukan oleh karyawan bagian pemeriksaan atau kepala departemen tertentu. Sedangkan audit eksternal dilakukan oleh pihak luar yakni auditor independen.

Manfaat dari audit adalah untuk memastikan keakuratan laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Orang yang melakukan audit disebut dengan auditor. Audit juga berfungsi untuk memastikan bahwa sistem pembukuan dan tata kelola perusahaan terhindar dari kesalahan penyajian atau penipuan (fraud).

Cara melakukan audit terdiri dari beberapa tahapan yaitu penunjukan auditor, perencanaan audit yang mencakup rincian tenggat waktu dan departemen yang akan diaudit, proses audit yakni saat auditor melakukan pengumpulan informasi dan pemeriksaan, temuan auditor dituangkan dalam laporan yang disusun secara sistematis, dan melaporkan hasil audit yang terdokumentasi dalam laporan auditor.

.
Audit adalah suatu proses pemeriksaan yang dilakukan oleh auditor untuk memastikan keakuratan laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Audit sendiri memiliki peran penting bagi perusahaan, antara lain: membantu menemukan kesalahan pembukuan atau masalah keuangan, memberikan saran dan penilaian, membantu kinerja perusahaan agar sesuai standar yang berlaku, membantu karyawan fokus pada tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, dan memeriksa kelengkapan, ketepatan, eksistensi, penilaian, klasifikasi, ketetapan, pisah batas (cut off) dan pengungkapan dari perusahaan itu sendiri.

Simak Juga  Cara Mengecek Data Duplikat Di Excel

Audit dapat dilakukan oleh internal perusahaan yang dilakukan oleh karyawan bagian pemeriksaan atau kepala departemen tertentu. Audit ini disebut dengan audit internal. Kedua yakni audit eksternal yakni proses audit yang dilakukan oleh pihak luar yakni auditor independen. Saat ini, arti audit juga sudah meluas, tak hanya memeriksa, namun juga melakukan investigasi. Ini karena fungsi audit adalah pencegahan atas tindakan fraud. Namun pada kenyataannya, audit juga tak hanya mencakup pemeriksaan pembukuan dan laporan keuangan, namun juga bisa mencakup audit atas operasional, audit perencanaan strategi, dan audit atas sistem IT.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *