Pengertian Badan Usaha Menurut Para Ahli

Tentang Badan Usaha, menurut beberapa ahli, ada beberapa pengertian yang dapat dijabarkan. Menurut Molengraff, badan usaha adalah sebagai kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dan bersifat keluar, untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan kegiatan produksi di dalamnya. Menurut Undang-Undang Ketentuan Umum Pajak Indonesia, badan usaha adalah sekumpulan orang dan atau modal yang merupakan kesatuan, baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha.

Badan usaha memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan sedangkan perusahaan memiliki tujuan menghasilkan barang dan jasa. Badan usaha bersifat resmi atau formal. Berbeda dengan perusahaan yang sifatnya bisa resmi atau tidak. Badan usaha bersifat abstrak, bisa dilihat dari akta pendirian. Sedangkan perusahaan bersifat konkrit artinya ada kegiatannya.

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis badan usaha di antaranya PT, Perum atau CV, yang dikelompokan berdasarkan lapangan usaha dan kepemilikan modal.

Badan usaha adalah suatu kesatuan organisasi dan ekonomis yang memiliki tujuan memperoleh laba atau keuntungan, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Badan usaha bersifat resmi atau formal dan memiliki kesatuan yuridis formal sedangkan perusahaan diartikan sebagai kesatuan teknis produksi. Badan usaha bersifat abstrak, bisa dilihat dari akta pendirian. Sedangkan perusahaan bersifat konkrit artinya ada kegiatannya. Contoh badan usaha seperti CV, Firma, PT, Koperasi dan lainnya. Sedangkan perusahaan ialah pabrik, restoran, toko, kios, kantor dan lainnya.

Menurut Molengraff, badan usaha adalah sebagai kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus dan bersifat keluar, untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan kegiatan produksi di dalamnya.

Sumber:
: [Katadata.co.id](https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/634e7c618f01a/badan-usaha-pengertian-jenis-dan-perbedaannya-dengan-perusahaan)
: [Pelajaran.co.id](https://www.pelajaran.co.id/badan-usaha/)

Temukan tutorial lebih lanjut dalam Pengertian Badan Usaha Menurut Para Ahli untuk mengasah kreativitas anda. Temukan tentang Pengertian Badan Usaha Menurut Para Ahli yang saat ini populer di dunia digital. Tentang Badan Usaha, menurut beberapa ahli, ada beberapa pengertian yang dapat dijabarkan. Menurut Temukan cara untuk mengasah kreativitas Anda dan melahirkan suatu hal yang menginspirasi di tempat ini.

Simak Juga  Supplier Baju Anak Import China Tangan Pertama

Lihat video Pengertian Badan Usaha Menurut Para Ahli berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *