Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya

Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya, Pelajari langkah terbaru anda entang Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya. Pelajari tentang teknik,cara, dan trik khusus seperti yang dilakukan oleh para profesional. Tentang Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya, beberapa faktor yang menyebabkan kemajuan di, lengkapi cara lain yang lebih mudah dan terbaru dari hal tersebut.

Lihat video Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya berikut ini

Tentang Faktor Pendorong Kemajuan Kerajaan Sriwijaya, beberapa faktor yang menyebabkan kemajuan di Kerajaan Sriwijaya antara lain:

1. Posisi strategis Sriwijaya yang berada di jalur perdagangan internasional.
2. Memiliki kapal-kapal dagang yang besar jumlahnya.
3. Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat.
4. Mundurnya Kerajaan Funan.
5. Menjalin hubungan perdagangan dengan Benggala dan Colamandala di India, lalu lintas perdagangan Sriwijaya makin ramai.
6. Daerah kekuasaan yang luas, hampir sebagian wilayah Asia Tenggara waktu itu dikuasai Sriwijaya.
7. Pusat transit, ekonomi perdagangan antara barat dan timur.
8. Perkembangan sosial dan budaya yang maju.

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan maritim terbesar di Nusantara yang berdiri sekitar abad ke-7 dan terus mengalami perkembangan yang pesat. Beberapa faktor yang mendukung perkembangan Kerajaan Sriwijaya menjadi besar di Nusantara dan mancanegara antara lain :
– Letak geografis Kerajaan Sriwijaya terletak di daerah lintasan pelayaran dan perdagangan antara Asia Timur, Asia Selatan. Pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya berada Palembang yang terletak di tepi sungai Musi. Dengan letak yang sangat strategis mendorong para pedagang untuk melakukan kegiatan perdaganganya. Selain itu Sriwijaya juga menguasai dua perairan laut penting dalam perdagangan nusantara yaitu Selat Malaka dan selat Sunda. Selat tersebut merupakan jalur perdagangan internasional dari China ke India atau sebaliknya.
– Memiliki kapal-kapal dagang yang besar jumlahnya.
– Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat.
– Mundurnya Kerajaan Funan.
– Menjalin hubungan perdagangan dengan Benggala dan Colamandala di India, lalu lintas perdagangan Sriwijaya makin ramai.
– Daerah kekuasaan yang luas, hampir sebagian wilayah Asia Tenggara waktu itu dikuasai Sriwijaya.
– Pusat transit, ekonomi perdagangan antara barat dan timur.
– Perkembangan sosial dan budaya yang maju.

Simak Juga  Fungsi Marque Tool Pada Menu Toolbox Di Adobe Photoshop Adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *